Memaknai Hukum Pareto

Memaknai Hukum Pareto

Salah satu rules atau hukum dalam kehidupan, agar kita bisa terus melaju menjalaninya adalah dengan memahami hukum pareto. Kurang lebih penjelasannya begini. "Bahwa untuk banyak kejadian, sekitar 80% daripada efeknya disebabkan oleh 20% penyebabnya"

Saya ambil contoh Dalam Bisnis. Bahwa 80% dari keluhan pelanggan muncul dari 20% produk dan Jasa Atau 20% dari Cacat sistem akan menyebabkan 80% masalah. Paham ya ? 

Nah, jika kita mengalami fenomena seperti diatas. Misal kita sedang membangun perusahaan atau Bisnis. Ternyata tidak semua tim kita memiliki keseriusan yang sama untuk mengembangkannya. Itu bukan masalah, kita harus menerimanya dengan ikhlas karena itulah kehidupan.

Kebanyakan Orang salah Kaprah, terlalu memikirkan pada orang 80% yang menghasilkan 20%, tidak memberikan fokus yang optimal pada 20% orang yang menghasilkan 80%.

Kuncinya adalah memberikan Perhatian Optimal kepada 20% orang, yang menghasilkan 80%. Mereka inilah (yg 20%) Tim Intinya.

Jadi jangan Galau apalagi Baper, kalo tidak semua tim kita bekerja dengan Optimal. Karena memang hukum nya seperti itu. 

Mulai sekarang petakan apa yg terjadi.
Fokuskan perhatian kita pada 20% orang orang Hebat yang menghasilkan 80% Target pencapaian dan yang 80% tidak udah terlalu dipikirin.

#Yudha Eris Setiawan

0 Response to "Memaknai Hukum Pareto"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel