"THE CASHFLOW QUADRANT" Robert T. Kiyosaki

"THE CASHFLOW QUADRANT" Robert T. Kiyosaki
Robert T. Kiyosaki adalah konsultant keuangan orang terkaya di dunia, bill Gates (Pemilik Microsoft organisation). Bukunya senantiasa menjadi fine seller dikaji oleh orang-orang berbagai kalangan. Kiyosaki mengajarkan kita bagaimana membangun kecerdasan finansial, kecerdasan mengembangkan potensi yang kita miliki sehingga tidak harus selamanya “bekerja untuk mendapatkan uang”, melainkan strategi praktis bagaimana “uang bekerja untuk kita”.


“THE CASHFLOW QUADRANT”
Cashflow Quadrant dipetakan menjadi E, S, B, dan I.

E untuk employee (pegawai), membarterkan waktu dan tenaganya untuk membangun Asset yang dimiliki “B”.

S untuk Self-employed (pekerja lepas), membarterkan waktu dan tenaganya untuk memperoleh penghasilan.

B untuk business owner (pemilik usaha), dimana orang lain bekerja untuk membangun aset mereka, sesuai sistem yang dimilikinya.

I untuk investor (penanam modal), kemudian dia memetik hasilnya. Tanpa ikut mengelola pun, mereka tetap mendapatkan penghasilan.

“E” dan “S” yang mengandalkan gaji diletakkan di kuadran sisi kiri, sedangkan “B” dan “I” yang menerima pemasukan dari bisnis atau investasi diletakkan di sisi kanan.


Setiap orang setidaknya menempati satu dari keempat Cashflow Quadrant dan kebanyakan dari kita menempati posisi sebelah kiri sebagai worker atau self-worker. The Cashflow Quadrant adalah tentang keempat jenis orang berbeda dalam dunia bisnis, tentang siapa diri mereka dan apa yang membuat individu di masing-masing kuadran unik.

Pembaca akan dibantu menentukan di mana posisi kita sekarang dalam quadrant,
dan pembaca akan dibantu memetakan arah untuk mencapai posisi yang diinginkan di masa depan ketika memilih jalan sendiri untuk menuju kebebasan finansial.

Walaupun kebebasan finansial bisa ditemukan dalam keempat kuadran ini, namun keterampilan “B” atau “I” akan membantu mencapai target finansial dengan lebih cepat. Dan seorang “E” yang berhasil seharusnya menjadi seorang “I” yang berhasil juga.

Setiap orang dapat sukses di kuadrannya masing-masing
Perbedaan seorang E, S dan seorang B, I adalah :
Bahwa seorang E, S tidak dapat meninggalkan bisnisnya dalam waktu yang lama,
sedangkan seorang B, I dapat meninggalkan bisnisnya dalam waktu yang relatif lama
karena ASET-lah yang bekerja untuknya