Tips Membuat Copywriting


Menjual dengan tulisan itu sekilas terdengar mudah. Cantumkan informasi fitur, manfaat, harga, dan cara untuk melakukan pembelian… selesai, tapi ternyata menjual dengan tulisan itu ada teknik dan ilmunya. Teknik itu disebut Teknik Menulis Copywriting. 

Copywriting adalah teknik menyusun tulisan agar si pembaca TERARAHKAN MELAKUKAN apa yang diinginkan penulis. Tapi dalam hal yang positif yah. Dan ketika dipakai dalam penjualan. BOOM !!! Jangan kaget kalo Anda bisa banjir orderan.

Copywriting ini ilmu nya BUANYAAAAKKK SEKALIII, dan saya yakin tidak akan habis dibahas dalam 1kali pembahasan saja. Untuk itu saya Share teknik yang bisa langsung Anda pakai promosi kali ini. 

*1. Mulailah dengan Headline yang SUPER MENARIK*

Headline itu judul Iklan Anda.
Headline adalah kalimat yang dibaca pertama kali oleh prospek Anda.

Mana yang lebih menarik :
Studi kasus : Menjual Buku Bisnis

-> DIJUAL BUKU BISNIS

Vs

-> Inilah Rahasia Mendapatkan Penghasilan 10 Juta/bulan.

Hayooo?

Kemungkinan besar orang lebih tertarik dengan yang kedua

Masih tentang headline.

Penelitian mengatakan, agar iklan Anda dibaca, buatlah calon pembeli terkesan dalam 8 detik pertama

Maka dari itu jangan sembarangan membuat headline iklan Anda.

Harus menarik dan emosional

Headline = iklan nya iklan Anda.

*2. Pola AIDA*

Masih soal copywriting.

Bagi yang bingung harus nulis apa, coba pakai pola ini.

A = attention
I = interest
D = Desire
A = Action

Attention
Awal Tulisan Anda harus menangkap perhatian mereka.

- Gunakan pendekatan, hai, perkenalkan diri, dan lain-lain.
- Ceritakan bahwa Anda paham masalah utama mereka dan Anda punya solusinya
- buat mereka berfikir "Ah, itu gua banget"

Interest
Setelah Anda mendapatkan perhatian mereka, Selanjutnya, buat mereka tertarik dengan apa yang Anda bawakan.
Untuk memancing interest mereka, sediakan

- Informasi/fakta
- Statistik
- Studi kasus
- Kondisi idealnya
- Alasan

Desire
Dalam tahap ini Anda akan membuat mereka sangat-sangat-sangat menginginkan produk/layanan anda.
Di sini kita akan lebih banyak bermain dengan emosi dan logika.

Caranya:
- sebutkan manfaat produk Anda
- pancing emosi negatif dan berikan solusi
- yakinkan mereka, solusi Anda adalah yang terbaik, kasih testimoni dan Diskon jika perlu.

Action
Terakhir, sering disebut CTA, call to action.
Ajak mereka untuk mengambil tindakan.

Apapun tindakan yang anda inginkan (membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon) ungkapkan di bagian ini.

Silahkan gunakan pola AIDA ini dalam penawaran Anda

*3. SANGAT PENTING*

copywriting Anda tidak akan berhasil, jika Anda melupakan hal ini.

- target market harus tepat
- Anda harus mendapatkan kepercayaan calon pembeli
- bahasa Anda saat menawarkan, usahakan antusias tapi sopan, dan
- timing Memasarkan harus pas.

Silahkan terus menerus berlatih, semoga ini bermanfaat untuk Anda.

Semoga bisnis Anda terus bertumbuh.

Salam,
Niken Harni
EntrepreneurID