Destinasi Wisata Alam Pemandian Air Panas Lejja Soppeng

Sejarah Singkat Kab. Soppeng

Soppeng adalah sebuah kota kecil di mana dalam buku-buku lontara terdapat catatan tentang raja-raja yang pernah memerintah sampai berahirnya status daerah Swapraja. Jauh sebelum terbentuknya kerajaan Soppeng, telah ada kekuasaan yg mengatur daerah Soppeng. Daerah tersebut merupakan pemerintahan berbentuk demokrasi karena berdasar atas kesepakatan 60 tokoh masyarakat.

Soppeng dulunya merupakan daerah yang terbagi atas kerajaan-kerajaan kecil. Hal ini dapat dilihat dari jumlah Arung,Sulewatang, dan Paddanreng serta Pabbicara yang mempunyai kekuasaan tersendiri. Setelah kerajaan Soppeng terbentuk, maka dikoordinir oleh Lili-lili yang kemudian disebut Distrikvdi Zaman Pemerintahan Belanda.

Kabupaten Soppeng seringkali disebut sebagai Kota Kalong karena terdapat banyak kelelawar di setiap pepohonan yang ada di sepanjang jalan. Terlepas dari itu, Soppeng memiliki destinasi wisata pemandian air panas lejja.

Destinasi Wisata Alam Permandian Air Panas Lejja Soppeng

Wisata Pemandian Air Panas Lejja

Terletak di Provinsi Sulawesi Selatan dan berjarak 200 km di utara Kota Makassar, Kabupaten Soppeng menyimpan destinasi wisata yang tak kalah menariknya dengan obyek wisata lainnya. Pemandian air panas Lejja adalah tempat favorit bagi yang ingin bersantai dan melepas lelah saat liburan. 

Pemandian air panas Lejja ini tepatnya terletak di kawasan hutan lindung di Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Lejja memiliki 5 buah kolam dengan kedalaman dan suhu yang berbeda. Suhu terpanas dari sumber air ini adalah 60 derajat Celcius. Air panas ini dipercaya oleh pengunjung dapat menyembuhkan penyakit kulit, rematik, dan terapi karena kandungan kadar belerangnya sebesar 1,5 persen.

5 Kolam Pemandian Air Panas Lejja

  1. Kolam pertama: airnya sangat panas, harus berhati-hati jika berada di tempat ini karena telur yang dicelupkan di kolam ini bisa menjadi setengah matang.
  2. Kolam kedua: kolam dangkal dengan air suam-suam kuku yang bisa dipakai untuk anak-anak kecil atau bagi anda yang tidak bisa berenang bisa juga memakai kolam ini.
  3. Kolam ketiga: kolam dengan kedalaman sebatas leher dan air suam-suam kuku untuk orang dewasa. Ada pelampung yang disewakan jika anda takut berenang di kolam ini.
  4. Kolam keempat: air di kolam ini sudah normal, tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin dan kolam ini khusus orang dewasa saja.
  5. Kolam kelima: kolam yang berada di sebelah timur ini dilengkapi dengan papan loncatan.
Untuk kolam pemandian privasi disediakan rumah panggung kecil dan memiliki kolam di belakangnya dengan lebar 3 meter.

Keunikan Pemandian Air Panas Lejja

Mata air pemandian air panas Lejja  mengalir secara alami dari dalam akar batang pohon yang tumbuh di atas bukitnya yang bisa anda jumpai melalui jalan setapak di sebelah kolam pemandian. Sesampainya di ujung jalan, anda akan menemui pohon yang dibawah akarnya terdapat lubang dengan diameter sekitar 50 cm dan mengeluarkan uap.


Wisata Alam Permandian Air Panas Lejja Soppeng

Keunikan lainnya dari Destinasi Wisata Alam Pemandian Air Panas ini adalah banyaknya botol dan plastik yang digantungkan pohon yang menjadi sumber mata air belerang. Menurut beberapa pengunjung, mereka percaya jika menggantung botol atau plastik, maka permohonan akan segera terkabul. Ketika permohonan mereka terwujud, maka orang tersebut akan datang lagi ke pemandian air panas Lejja untuk melepas ikatan botol atau kalengnya. Hal ini sebagai simbol pengikatan hubungan pasangan sejoli yang datang ke tempat ini.

Fasilitas dan Penginapan di Lejja Soppeng

Adapun fasilitas yang bisa anda temui di Pemandian Alam Air Panas Lejja ini cukup memadai dengan adanya kolam permandian umum dan privasi, toilet, ruang bilas, tempat ganti pakaian, gazebo, lapangan tennis, dan baruga wisata sebagai tempat pertemuan yang bisa menampung sampai 300 orang.

Untuk bisa masuk ke pemandian air panas ini, tiket masuknya beragam tergantung usia dan jenis kendaraan yakni hari libur Rp. 12.500, dewasa hari kerja Rp. 10000, anak-anak Rp. 3 000, memakai mobil Rp, 10000, Motor Rp. 5000.

Biaya yang dikeluarkan terbilang murah karena anda akan menikmati panorama yang indah dan sejuk, sembari rileks berendam menikmati kehangatan air alam.

Penginapan Lejja Soppeng

Lejja sendiri memiliki tiga pilihan tempat penginapan yaitu 3 Villa, 3 penginapan, dan satu baruga. Namun, untuk menginap juga harus berjuang dikarenakan tempat tersebut selalu terisi penuh. Maka, untuk menghindari hal itu silahkan daftarkan diri anda ke Dinas Pariwisata Kab. Soppeng.

Selain itu, anda juga punya alternatif lain seperti menginap di Hakata LEJJA Deluxe Extra dengan fasilitas AC, kebutuhan dasar, parkir gratis di areal properti,sarapan, ruang keluarga pribadi, gantungan baju. Jika masih bingung silahkan hubungi kami di website ini. Terima kasih