Cara Berfikir orang Sukses


Apa yang menentukan sukses dan tidaknya seseorang?

Yang menentukannya adalah, cara berpikir orang sukses itu sendiri, dan pendekatan yang mereka lakukan dalam berbagai situasi, insya Allah.

Apakah kamu tipe orang yang selalu mengutamakan totalias, atau kamu adalah orang yang sering mencoba-coba terlebih dahulu?

Untuk mengetahui cara orang-orang sukses berfikir dan bertindak, berikut adalah beberapa pembahasan yang mungkin bisa menjadi inspirasi buat kita bersama.


_1. Dalam sehari hanya ada 24 jam._

 Bagaimana kamu memanfaatkan setiap jam dalam 24 jam tersebut?

Orang-orang sukses tahu apa yang harus dilakukan jam demi jam dan hari demi hari.

Ini adalah sesuatu yang penting yang perlu anda lakukan sebelum anda melakukan hal-hal yang lain.


_2. Mereka menyelesaikan pekerjaan satu demi satu_

Mereka tetap memiliki list mengenai apa yang akan dilakukan namun, mereka hanya fokus pada proyek-proyek yang perlu dikerjakan pada saat itu.

Orang sukses berpikir bahwa, menyelesaikan 3 item kunci dalam sehari berarti bahwa mereka sangat produktif pada hari tersebut.

Jika kamu sudah menyelesaikan beberapa proyek, kamu bisa melanjutkannya ke proyek yang lain. Jangan melihat kapan pekerjaan-pekerjaan akan terselesai melainkan, cobalah untuk fokus mengelola dan menyelesaikan satu demi satu list pekerjaan yang anda miliki.



_3. Mereka suka sharing dengan orang lain_

Apakah anda memiliki ide yang bagus dan hebat? Jangan merahasiakannya.

Mulailah berbagi ide dengan orang lain, entah itu orang yang satu perusahaan dengan anda , teman, orang asing, atau orang yang kamu temui di warung kopi.

Coba lihat apa tanggapan mereka mengenai ide yang kamu miliki tersebut. Mungkin saja mereka akan menunjukkan sesuatu yang tidak pernah terpikirkan oleh anda sebelumnya, sehingga dapat membuat ide yang Anda miliki tersebut menjadi sesuatu yang besar.


_4. Mereka menerapkan teori 80-20_

Teori Pareto mengatakan bahwa 80% keberhasilan berasal dari 20% usaha. Jadi cobalah untuk mengidentifikasi dan fokus pada hal yang 20% tersebut.


_5. Mereka belajar menenangkan pikiran_

Meditasi merupakan salah satu kunci orang-orang sukses. Mereka meluangkan waktu entah itu 5 menit atau 30 menit untuk menenangkan pikiran dan mereka juga selalu mengambil waktu untuk berlibur.

Karena orang-orang sukses tahu bahwa otak mereka membutuhkan istirahat untuk menghasilkan ide-ide brilian.


_6. Mereka selalu optimis_

Berhentilah berpikir negatif atau pesimis mengenai proyek yang kamu kerjakan.
Karena dengan berpikir positif, proyek yang kamu kerjakan kemungkinan besar akan sukses.

 Pikiran negatif hanya akan menghancurkan segala usaha dan membuatmu menyerah sebelum berusaha.


_7. Mereka tidak takut menjadi seseorang yang inkonvensional_

Pemikiran yang hebat tidak selalu mengarah pada hasil yang diharapkan.

Dibutuhkan sesuatu hal yang tidak konvensional dan dibutuhkan sebuah resiko untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Dengan kata lain, jika selama ini kamu berpikir secara konvensional dan kemudian hasilnya tidak pernah sesuai dengan apa yang kamu inginkan, mungkin sudah saatnya kamu melakukan sesuatu yang berbeda.


_8. Mereka mengikuti keinginannya_

Orang-orang sukses selalu mengikuti apa yang menjadi passion-nya atau menjadi keinginan terbesarnya. Jika anda mengatakan bahwa anda akan melakukan sesuatu, maka lakukanlah jangan pernah ditunda.

Karena kebanyakan orang gagal disebabkan mereka hanya berpikir dan berteori namun jarang ada yang mau langsung bertindak atau take action.



_9. Mereka suka berkolaborasi_

Jika Anda memiliki proyek besar yang akan anda mulai, cobalah untuk mencari mitra, seseorang yang bisa membuat proyek tersebut memiliki kemungkinan berhasil lebih besar.

Orang-orang sukses menyadari bahwa satu ide akan menghasilkan sesuatu yang besar. Namun apabila ada dua ide kreatif, maka sesuatu yang spektakuler bisa tercipta.

Jadi, jangan heran apabila kamu melihat banyak kolaborasi atau kerjasama yang dilakukan oleh orang-orang hebat, entah itu seniman yang berkolaborasi dengan fotografer, atau perusahaan teknologi besar berkolaborasi dengan start-up baru.


Salam,

Niken Harni
*EntrepreneurID*