Bulukumba Butta Katallassangku

Bulukumba, Kabupaten yang terletak di sebelah selatan sulawesi selataan daerah yang dapat di tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan dari kota makassar yang dikenal dengan sebutan butta panrita lopi. Kabupaten ini memiliki luas Wilayah 1.154,67 km² dengan jumlah penduduk 394.757 Jiwa (berdasarkan data sensus penduduk tahun 2010), Wilayahnya Yang terbagi menjadi 10 Kecamatan, 27 Kelurahan dan 109 Desa.

Secara Dimensi Kabupaten Bulukumba Ini Bisa Kita Petakan Dalam empat dimensi meliputi Dataran tinggi Atau daerah Pegunungan, berada pada bentangan kaki gunung bawakaraeng dan lompobattang, lalu Dataran Renda, Wilayah Pantai dan Laut Lepas.

Dalam Tinjauan Sejarah bulukumba konon menjadi daerah pertempuran dan juga menjadi wilayah perundingan dua kerajaan besar di sulawesi selatan yakni kerajaan bone dan kerajaan gowa.

Awal terbentuknya kabupaten bulukumba ini hanya terdiri dari 7 kecamatan yakni Ujung Bulu, Gangking, Bulukumpa, Bonto Tiro, Bonto Bahari, Kajang, dan Hero Lange-Lange, Kemudian beberapa kecamatan di mekarkan hinggah terbentuklah 10 kecamatan di bumi butta panrita lopi ini. 10 Kecamatan itu adalah:
1. Kecamatan Ujung Bulu
2. Kecamatan Ujung Loe
3. Kecamatan Bonto Bahari
4. Kecamatan Gantarang
5. Kecamatan Kindang
6. Kecamatan Bulukumpa
7. Kecamatan Rilau Ale
8. Kecamatan Kajang
9. Kecamatan Herlang
10. Kecamatan Bonto Tiro

Secara Geo politik bulukumba terbagi dalam 4 daerah pemilihan perwakilan, Secara Ekonomi 7 Kecamatan Sebagai Sentral Pengembangan Pariwisata dan Perikanan dan Kini Berkembang Pertanian Rumput Laut Serta Industri Perkapalan, Meliputi Kecamatan Gantarang, Kecamatan Ujung Bulu, Kecamatan Ujung Loe, Kecamatan Bonto Bahari, Kecamatan Bonto Tiro, Kecamatan Herlang dan Kecamatan Kajang. Tiga Kecamatan Lainnya Meliputi Kecamatan Kindang, Kecamatan Rilau Ale dan Kecamatan Bulukumpa Tergolong Sebagai Sentra Pengembangan Pertanian dan Perkebunan.

Bersambung.