Hakikat Kewirausahaan

Pahaman Dasar Kewirausahaan
Meliputi Proses, Nilai dan Inovasi Serta Kreativitas

By. Asman Azis
Senin, 15 Mei 2019
Gedung Juang Lestari 45 Makassar
Dalam Agenda Pemasyarakatan Kewirausahaan, 
Upaya Menumbuh Kembangkan Semangat Berwira Usaha Pemuda dan Generasi Milenial
Bersama Deputi Kementrian Koprasi Indonesia Dan Dinas Koprasi Prov. Sulawesi Selatan

 Asman

Dalam Pengertian Sederhana Arti Wirausaha (Enterpreneure) adalah orang yang berjiwa berani mengambil satu resiko untuk membuka satu usaha dalam berbagai kesempatan. Wirausaha merupakan bentuk alas fikir atau mindset dalam mengambil satu tindakan, dia yang memiliki atau individu yang memiliki mindset wirausaha adalah dia yang berjiwa berani mengambil resiko bermental mandiri untuk berusaha ditengah ketidak pastian tanpa ada rasa takut.

 Asman

Dalam prosesnya kemampuan berwira usaha adalah dia yang mampu melahirkan sesuatu yang baru dan berbeda dengan hal-hal yang sudah ada sebelumnya, mengukur kemampuan dengan Kreativitas dan senantiasa berinovasi untuk mencapai nilai. Sehinggah secara sederhana kita dapat menarik kesimpulan bahwa defenisi kewirausahaan itu adalah satu kemampuan kreatif dan inovatif yang menjadi kiat dasar, sumber daya, proses dan perjuangan untuk menciptakan nilai tambah barang dan jasa. 


Perlu dipahami bahwa seorang enterpreneure itu pasti memiliki jiwa pengusaha, namun tidak semua pengusaha memiliki jiwa enterpreneure.

Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha (Enterpreneureship)


Kemampuan berwirausaha merupakan naluri alamiah bagi sebagian orang namun kemampuan tersebut dapat di munculkan bagi setiap pribadi dengan satu keyakinan yang kuat yang ada dalam diri seseorang untuk mengubah dunia dengan ide dan inovasinya, lalu kemudian keyakinan ini di tindak lanjuti dengan keberanian mengambil resiko untuk mewujudkan ide dan inovasi tersebut melalui organisasi yang di bentuknya, mulai dengan membangun, memelihara, mengembangkan hinga menghasilkan dampak nyata bagi dunia.

Enterpreneure yang sukses adalah dia yang segera mengambil satu tindakan nyata tanpa berlama-lama berfikir tentang resiko, mengutip apa yang dikatakan BOB SADINO bahwa usaha yang baik adalah usaha yang dijalankan bukan yang difikirkan, menjadikan proses sebagai pembelajaran, mengevaluasi kekurangan dan terus menerus meningkatkan kemampuan. 

 Asman
Beberapa Kiat Yang Perlu diperhatikan yaitu:
  • Memulai Usaha Dengan Niat dan Keyakinan Berhasil
  • Mengasa Kecepatan Dalam Hal Melihat Peluang
  • Mempelajari Kisah Sukses Orang Lain
  • Fokus Dalam Membangun Usaha
  • Bertindak Atau Memulai Usaha Sekarang Juga
  • Evisien dan Tepat Sasaran Dalam Menggunakan Modal
Dalam hal membangun usaha kita dituntut untuk senantiasa mengelola dengan baik agar usaha tersebut bisa bertahan lama dan terus berkembang, kuncinya adalah terus belajar dan melahirkan ide dan inovasi yang baru. 

Salam Enterpreneure Indonesia
Sekian, dan Semoga Bermanfaat Dilain Kesempatan Semoga Kita Dapat Bertemu Kembali
Saling Berdiskusi berkonsultasi belajar bersama karna sejatinya belajar itu sepanjang masa.

Jadikan Semua Orang Sebagai Guru, dan Jadikan Semua Tempat Sebagi Sekolah Untuk Menimbah Ilmu, Jangan Memandang Dengan Siapa Anda Berbica, Tapi Lihatlah Apa Yang Dia Bicarakan.