Peran Suara Masyarakat Petani, Perhatian Pemerintah

Petani Sebagai Pemilik Suara Mayoritas Pada Setiap Pesta Demokrasi

Dalam Satu Pandangan Pengamat masalah kebijakan Pemerintah dan  progress organisasi kelompok.tani di lokasi nya (Kabupaten Bulukumba).

Muh.Arfat Wahab SE
Tenaga ahli sosial ekonomi & pemberdayaan masyarakat pada CBC KIP Tribina P3KT, PNPM,NUSSP

Dalam Pandangannya Kaum petani dan keluarga petani merupakan pemilik suara mayoritas di setiap pesta demokrasi di Indonesia. Sesuai data statistik terbaru, 70% lebih usia produktif di Bulukumba, berprofesi sebagai petani. Setiap event Pilkada, komunitas ini selalu menjadi garapan strategis pemenangan namun jarang digarap dan diajak bermitra sinergis secara optimal.

Kenyataan menunjukkan bahwa secara umum kehidupan keluarga petani masih belum berada pada stratifikasi sejahtera. Para ahli ekonomi khususnya Asisten Ekonomi dan Staf Ahli Pemkab Bulukumba juga belum merilis hasil2 pembangunan yang berimplikasi langsung meningkatkan kesejahtraan petani.

Sesuai hasil pengamatan kami selama ini, petani di Bulukumba membutuhkan perhatian dan bantuan yang kontinyu setiap saat :

1.Pengadaan benih bermutu bersertifikat
2.Pengadaan pupuk
3.Handtractor
4.Alsintan
5.Penguatan pernodalan petani
6.Penguatan organisasi Poktan dan Gapoktan
7.Infrastruktur irigasi, jln tani, embung, dam parit, dll.

Dengan memanfaatkan sumber dana APBN dan APBD, yang walaupun juga terbatas, namun degan analisa manfaat biaya yg tepat, maka alokasi anggaran dipastikan optimal manfaatnya bagi petani !!

Inovasi yang harusnya terus diupayakan secara bersama baik oleh unsur pemerintah maupun pihak swasta saat ini adalah antara lain :


  1. Kembali ke pertanian ORGANIK. Berpuluh puluh tahun petani menggunakan pupuk kimia dalam budidaya padi. Pupuk kimiawi ini memang berpengaruh pada peningkatan jumlah produksi gabah, tapi juga ditengarai menyebabkan munculnya berbagai macam hama penyakit padi, nasi cepat basi dan rawan menyebabkan diabetes, dll. Inilah kenapa sekarang upaya kembali ke alam, pola hidup nature, dengan menggunakan pupuk organik sudah menjadi pressure dan reorientasi kesadaran para petani. Kita merindukan sawah-sawah dipenuhi ikan mujair, lele, dan ikan air tawar, seperti masa kecil kita.
  2. Pestisida Nabati . Saat ini petani sudah menemukan formula dari dedaunan tanaman yang tumbuh liar, menjadi racun tikus, yang sangat membantu petani mengatasi hama tikus yg mengancam hasil panen padi.

Inilah progress dan keinginan  kaum petani, berdasarkan pengamatan langsung selama ini. Sebagai bahan masukan bagi Pemerintah dalam mengembangkan sektor pertanian di Kab.Bulukumba. ataupun menjadi stimuli bagi bakal calon menghadapi pilkada bulukumba 2020 mendatang.