Mengenali Permasalahan dan Solusi Keyboard Dari Berbagai Jenis Laptop Notbook

Sangat penting untuk mengetahui fungsi dan jenis-jenis keyboard pada laptop, termasuk mengetahui solusinya ketika keyboard laptop Anda rusak.

 Keyboard

Perangkat satu ini sangat tak asing untuk Anda. Ya, keyboard jadi pelengkap komputer atau laptop, berupa hardware yang bertugas sebagai alat input data berupa angka, huruf dan simbol. Perangkat keras ini berbentuk papan, berisikan berbagai macam tombol dengan fungsi berbeda dan mampu hasilkan proses berbeda, tergantung penekanan yang Anda lakukan.

Secara umum, keyboard laptop atau komputer memiliki peran untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang Anda ketik sehingga tersampaikan pada CPU (Central Processing Unit). Lalu, perintah tersebut akan menjadi sinyal digital yang dimengerti oleh prosesor.

Seiring perkembangan teknologi, keyboard laptop dan komputer yang berisikan tombol-tombol seperti huruf alfabet (A-Z) untuk mengetikkan kalimat, angka yang terdiri dari 0 sampai 9, serta simbol-simbol khusus lainnya pada komputer atau laptop mengalami perkembangan.

Kerusakan Keyboard Pada Laptop

Menjadi perangkat wajib yang bisa membantu pekerjaan dan pengoperasian laptop atau komputer, keyboard juga bisa mengalami kerusakan. Untuk itu, mari kita ketahui ragam kerusakan pada keyboard, seperti:


Mari kita kupas satu persatu kerusakan yang sering terjadi pada keyboard laptop

1. Sebagian Tombol Keyboard Tidak Berfungsi
Kerusakan pertama adalah sebagian tombol yang tidak berfungsi. Indikasinya, tombol yang tidak berfungsi tersebut tetap tidak dapat menerima respon sekalipun Anda sudah menekannya dengan keras.

2. Keyboard Mengetik Sendiri
Kerusakan lainnya adalah keyboard beroperasi dan mengeluarkan respon sendiri. Kerusakan ini sangat mengganggu, terlebih kerusakannya terletak pada tombol rawan seperti delete atau enter.

3. Keyboard Tidak Berfungsi Sama Sekali
Kerusakan satu ini termasuk yang paling parah. Saat keyboard pada laptop atau komputer Anda tidak berfungsi sama sekali, secara otomatis akan mempersulit Anda mengoperasikan komputer atau laptop karena angka, huruf ataupun simbol tidak bisa ditekan dan tidak menerima respon.

4. Tombol Huruf Tertukar
Permasalah lain adalah tertukarnya tombol saat ditekan dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Misalnya, Anda yang menekan tombol A, B atau C namun respon yang keluar adalah 1, 2, 3. Meskipun kerusakan ini terlihat sepele, namun akan sangat mengganggu Anda.

5. Membuat Laptop Tidak Bisa Dihidupkan
Keyboard yang mengalami kerusakan atau korslet bisa juga membuat laptop tidak bisa dinyalakan. Ketika Anda menyalakan laptop, tampilan yang dikeluarkan menjadi blank, namun saat keyboard pada laptop tidak dipasang, laptop bisa menyala dengan normal. Hal ini mengindikasikan bahwa keyboard pada laptop Anda mengalami masalah dan membuat laptop tidak bisa dihidupkan dengan baik.
Memperbaiki Kerusakan Keyboard Pada Laptop
Saat keyboard Anda mengalami kerusakan, Anda jangan buru-buru mengganti sparepart keyboard. Ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan untuk tahap awal perbaikan keyboard, seperti:

Untuk lebih lengkapnya lihat uraiannya di bawah ini:

1. Bersihkan Keyboard dari Debu
Jika terdapat beberapa tombol pada keyboard yang tidak bekerja, ada kemungkinan bahwa tombol tersebut tidak dapat merespon perintah karena tertumpuk oleh debu. Untuk mengatasinya, Anda bisa memiringkan laptop pada sudut 75 derajat dan menggoyangkan laptop untuk menyingkirkan debu. Kemudian, bersihkan bagian atas dan bawah keyboard menggunakan selotip untuk menyerap debu.

2. Restart Laptop
Permasalahan rusaknya keyboard pada laptop bisa juga disebabkan oleh software atau driver. Untuk mengatasinya, Anda bisa restart laptop dengan cara menekan tombol power selama 5 detik.

3. Instal Ulang OS
Jika cara di atas, Anda juga bisa melakukan restore ulang Windows untuk pemulihan sistem. Caranya,  silahkan klik Start menu, pilih Control Panel, klik System and Security dan pilih Back up your computer. Pada halaman selanjutnya, silahkan klik Recover system settings or your computer dan pilih Open System Restore.

4. Perbaikan Driver Keyboard
Perbaikan lainnya adalah update driver keyboard Anda. Caranya, silahkan buka menu Control Panel, pilih System and Security dan klik Device manager. Pada menu ini, silahkan temukan driver untuk keyboard dan update driver keyboard tersebut dengan menghubungkan laptop ke koneksi internet.

0 Response to "Mengenali Permasalahan dan Solusi Keyboard Dari Berbagai Jenis Laptop Notbook"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel